Rabu, 26 November 2014

Soft Skill BAB 1





Definisi Bisnis


Bisnis merupakan keadaan dimana seseorang atau beberapa orang yang tergabung dalam sebuah organisasi yang memproduksi dan menjual barang atau jasa secara bersamaan maupun yang hanya memproduksi dan menjual barang atau jasa secara terpisah untuk mencapai adanya laba.

Tujuan Adanya Kebijakan Bisnis  :
Adanya kebijakan Bisnis dimaksudkan agar manfaat dari bisnis ini bisa dirasakan secara optimal oleh pemilik, pekerja, kosumen, juga pemerintah setempat.
Jenis-Jenis Bisnis
  1. Monopsoni, yaitu merupakan keadaan dimana barang atau jasa yang diproduksi dijadikan sebagai pasokan utama dalam sebah komoditi pasar.
  2. Monopoli, yaitu keadaan dimana disana hanya ada satu Penjual tunggal, dan satu pembeli.
  3. Oligopoli, yaitu pasar yang menawarkan satu macam barang dalam sejumlah perusahaan, biasanya terdiri dari lebih dari 2 perusahaan, namun kurang dari 10 perusahaan.
  4. Oligopsoni, 2 atau lebih pelaku bisnis yang menguasai penerimaan sebuah pasokan atau menjadikan pembeli tunggal atas barang/jasa dalam sebuah komoditi pasar.
Unsur-Unsur Penting Dalam Bisnis
  1. Rencana Pemasaran
  2. Rencana Produksi
  3. Rencana Keuangan
  4. Rencana SDM & Organisasi
  5. Analisa resiko & hasil
  6. Batasan Waktu
Mengapa kita Perlu mempelajari ilmu tentang bisnis?
Karena dalam kehidupan sehari-hari kitapun tidak bisa terlepas dari adanya kegiatan Bisnis. Hal ini mengharuskan kita untuk mengetahui banyak hal dibidang bisnis ini. 
Sumber Buku : M.Fuad, Chrisine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF, Pengantar Bisnis, Gramedia, Jakarta. 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar